Senin, 27 Februari 2017 12:34 WIB 0 Komentar 96 Dilihat
Bangun Keadilan Bagi Indonesia Melalui Inovasi

Bangun Keadilan Bagi Indonesia Melalui Inovasi

Ambon – Keadilan menjadi faktor yang sangat penting untuk kemajuan bangsa secara keseluruhan. Salah satu cara menciptakan keadilan bagi Indonesia yang berkemajuan adalah dengan mendorong masyarakat untuk selalu berinovasi.

“Kita semua harus mendorong masyarakat, umat beragama bekerja keras dengan inovasi, dengan bekerja yang smart, yang tepat dengan memasukkan ilmu pengetahuan di dalam pekerjaan. Barulah kita dapat mengatasi kemajuan yang adil itu,” tegas Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla di Islamic Center, Ambon, Maluku pada hari Minggu (26/2/2017).

Lebih jauh, Wapres menekankan bahwa untuk maju seseorang harus bekerja keras. Namun, harus dibarengi dengan ilmu. Wapres mencontohkan, orang yang bekerja dengan inovasi mungkin hanya 6 jam kerja, tetapi dapat menghasilkan puluhan kali lipat dari petani yang bekerja berjam-jam.

Sementara terkait dengan keadilan, Menurut Wapres, saat ini terjadi kesenjangan yang luar biasa antara negara-negara maju dan negara-negara yang belum maju. Namun begitu, diantara negara-negara tersebut juga mengalami banyak ketimpangan.

“Apabila kita bicara tentang kedaulatan dan keadilan, masalah ini bukan hanya menjadi masalah di negeri ini tetapi masalah di seluruh dunia yang harus diperbaiki dan dilaksanakan,” ungkapnya.

Meskipun ‘Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’ menjadi sila ke-5 dari Pancasila, yang merupakan falsafah tinggi untuk bangsa Indonesia, Wapres mencermati, sila ke-5 ini merupakan sila yang paling sulit dan paling telat dilaksanakan jika dibandingkan sila-sila lainnya. Wapres pun berharap agar konsep ‘keadilan sosial’ ini tidak hanya sekedar wacana, tetapi juga dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata.

“Tema yang sangat mendesak, dan sangat penting bukan hanya untuk dibicarakan, tapi juga untuk dilaksanakan sebaik-baiknya,” ucap Wapres.

Lihat Berita Yang Lain

Wapres JK Minta Menaker Genjot Pelatihan Vokasi

07 November 2017 0

Menurut wapres JK kalangan mahasiswa maupun peserta pelatihan vokasi tidak boleh hanya dibekali teori. Tapi juga harus mampu mempraktekkan dan menjalankan proses produksi.

Mendagri Tegur 17 Gubernur yang Langgar Ketentuan UMP Sesuai PP 78

28 Oktober 2016 0

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegur 17 Gubernur yang tidak mengikuti standar penetapan upah minimum provinsi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 Tentang pengupahan.

Wapres Ingin Islam Majukan Ekonomi dan Makmurkan Masyarakat

20 Juli 2016 0

Saat ini masyarakat muslim masih identik dengan kondisi ekonomi menengah ke bawah. Sebaliknya, ekonomi menengah ke atas masih lekat dengan masyarakat non muslim