Senin, 09 September 2019 10:36 WIB 0 Komentar 85 Dilihat
Ayo Olahraga Di Mana Saja dan Kapan Saja

Ayo Olahraga Di Mana Saja dan Kapan Saja

Indonesia memperingati Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) setiap tanggal 9 September. HAORNAS menjadi sebuah momen yang penting karena di hari yang bersejarah ini kita mengingat kembali prestasi-prestasi membanggakan yang telah diraih oleh para atlet kita.

Peringatan Haornas XXXVI tahun ini diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang dilaksanakan tanggal 8 September 2019, mengangkat tema “Ayo Olahraga, Di Mana Saja, Kapan Saja”. Melalui tema ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga ingin mengajak masyarakat untuk gemar berolahraga dan menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Selain itu, berolahraga juga bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dengan mudah, tanpa harus menggunakan peralatan rumit. Ruang terbuka hijau atau taman-taman kota pun bisa dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga.

Gerakan Ayo Olahraga ini menjadi tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang  bertujuan melibatkan seluruh komponen bangsa untuk hidup sehat dengan berolahraga, hidup aktif dan produktif dengan berolahraga secara rutin dan teratur apapun jenis olahraganya. Inilah yang selalu digelorakan Kemenpora melalui berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat secara langsung, seperti Gowes Nusantara, Gala Desa, dan Liga Sepak Bola Berjenjang. Semangat dari ratusan ribu masyarakat yang telah tersentuh oleh program ini diharapkan dapat terus meningkatkan kegemaran masyarakat berolahraga. Masyarakat yang gemar dan mencintai olahraga adalah dasar dari lahirnya prestasi olahraga.

Selain itu, pesan dari semangat Ayo Olahraga ini juga sejalan dengan semangat kemerdekaan Indonesia tahun ini, yaitu meningkatkan kualitas SDM sehingga menjadi SDM yang unggul demi terwujudnya Indonesia maju. Kementerian Pemuda dan Olahraga konsisten mencetak bibit-bibit unggul olahragawan masa depan melalui Sekolah Khusus Olahraga (SKO) dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP). Dua sekolah ini khusus membina serta mengarahkan talenta-talenta muda berbakat agar menjadi atlet kelas dunia. Para orang tua harus berani mendorong anak-anaknya untuk masuk di SKO dan PPLP sebagai pendidikan bagi anak-anak mereka karena selain kurikulum olahraga, SKO dan PPLP juga menyediakan kurikulum seperti di sekolah-sekolah umum. Partisipasi anak-anak di bidang olahraga sejak dini ini diyakini dapat turut mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional.

“Momentum Hari Olahraga Nasional merupakan momen yang penting bagi bangsa Indonesia. Momentum kebangkitan olahraga, momentum prestasi olahraga, dan momentum pemasalan olahraga,” ucap Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Menpora menambahkan, “Momentum keberhasilan Indonesia di ajang Asian Games dan Asian Para Games tahun lalu harus menjadi inspirasi kebangkitan olahraga nasional. Salah satu warisan terpenting dua event olahraga akbar ini adalah masyarakat yang gemar berolahraga. Saya yakin, meski Asian Games dan Asian Para Games sudah berakhir, masyarakat tetap memiliki semangat untuk terus berolahraga dan terus bergerak, karena kita juga ingin membidik prestasi melalui partisipasi masyarakat dari kegiatan-kegiatan olahraga,” ujarnya.

HAORNAS 2019 bertempat di Menara Pandang Siring, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Beberapa kegiatan penunjang untuk memeriahkan perayaan ini digelar. Selain bazaar yang dimulai dari sejak tanggal 4 September 2019, terdapat pemecahan Rekor MURI Senam Indonesia Bergerak & Karate Massal bersama 5000 orang.


***BIRO HUMAS DAN HUKUMKEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA