Selasa, 14 Juni 2016 11:30 WIB 0 Komentar 150 Dilihat
Staf Kemnaker Galakkan ZIS untuk Berbagi Kebahagiaan

Staf Kemnaker Galakkan ZIS untuk Berbagi Kebahagiaan

Dalam rangka membangun kesadaran rela berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang belum beruntung, staf Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan kembali menggalakkan pembayaran Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) melalui badan yang dikelola oleh Babinrohis Kemnaker RI. Hal itu terungkap dalam acara sosialisasi ZIS di Gedung Tri Dharma Kemnaker, Senin (12/6/2016).



Ketua Babinrohis Sugiarto Sumas dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ada potensi besar di Kemnaker kalau di kelola dengan baik. Sebab, selama ini kewajiban membayar zakat juga sudah dilakukan oleh para staf Kemnaker, hanya saja penyalurannya yang tidak melalui Badan Amil Zakat (BAZ) yang dikelola kemnaker sendiri.



"Sehingga secara manfaat dan fungsinya, tentu kita tidak bisa merasakan langsung, karena dana ZIS yang kita kum[pulkan itru kita tidak tau diberikan kleapda siapa saja sasaran mustahiqnya, meskipun trentu kami yakin di berikan kepada yang berhak menerima dana ZIS tentunya,"ujar Sumas.



Dalam kaitan itulah, lanjut dia, di bawah kepemimpinan Babinrohis baru yang baru terbentuk dalam beberapa bulan terakhir, diharapkan ZIS akan digalakkan kembali. Tujuannya, tidak lain adalah untuk membangun silaturahmi yang semakin erat antara staf Kemnaker yang beragama Islam dan sekaligus menumbuhkembangkan sikap dan perassan empati bagi staf kepada saudara dan sahabat yang belum beruntung.



"Kita berharap nantinya, kalau dana zis ini terkum[pul dengan baik, tidak hanya kita membantu membersihkan harta kita yang emamng harus dilkeluiarkan zakatnya, tetapi juga kita bisa berpartisipasi merin gankan ebeban saudara kita yang belum beruntung, khususnya sesama staf atau bekas staf di kemnaker, selainj tentu saudara kita kaum muslimin lainnya.," terang pria yang menjabat Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Kementerian Ketenagakerjaan ini.



Sementara itu koordinatior ZIS di kepengurusan babanrohis, Ending\Syarifudin menambahkan, bahwa penggalakan ZIS ini sesungguhnya bukan hal baru. Sebab, sebelumnya pembayaran ZIS yang salah satu metodenya dengan dipotong langsung dari gaji staf yang telah setuju membayarkan ZIS nya juga tlah berlangsung baik sebelum pemecahan nomenklatur kementerian dari Kemnaklertrans menjadi Kemnaker saja.



"Ini sesungguhnya kita hanya melanjutkan tradisi yang suidah berjalan selama ini. hanya sempat fakum setelah kita terpisah antara Kemnaker dengan Transmigrasi. Makanya, semoga dengan kita sosialaisasi di bulan ramadan ini, kita memiliki semangat baru lagi untuk meneunaikan kewajiban kita sekaligus kita latih empati jiwa kita untuk rela berbagi kebahagian keapda sesama," imbuh Sumas. 



Sementara itu, terkait pendistribusian dana ZIS yang terkumpul nantinya, Ending dengan cukup fasih menjelaskan akan diprioritaskan untuk keluarga besar Kemnaker yang belum beruntung. selain tentunya juga untuk Masyarakat Indonesia lainnya yang sedang terkena musibah atau bencana. "Ini juga bertujuan bagaimana kementerian ini memiliki empati dan kepedulian kepada sekitarnya, melalui donasi dan pembayaran ZIS karyawannya," tegasnya.



Sementara itu, Wakil ketua Babinrohis Muhammad Nur Hayid, dalam sosialaisasainya menjelaskan bahwa pembayarakan zakat infak dan sodaqoh atau ZIS ini sejatuinya adalah bentuk nyata dari rasa sayang dan cinta kita keapda diri kita sendiri dan harta kita selaian bukti ketaana kita kepada Allah. sebab, dengan membayar ZIS, maka harta benda dan jiwa kita akan kembali menjadi bersih dan suci sebagaimana yang diteagskan oleh Allah sendiri dalam Alquran.


"Jadi kalau kita rajin membayar ZIS, sejatinya kita sedang menjaga dan menyelamatkan diri dan harta kita. Tidak hanya di dunia tetapi di akherat. Oleh karaena itu, tidak ada alaasan bagi kita untuk tidak membayarkan ZIS. apa lagi, jelas jaminanaya, barang siapa yang suka berbagi maka niscaya dia akan dicintai tidak hanya penduduk bumi tetapi juga penduduk langit," tegasnya.

Lihat Berita Yang Lain

Kemnaker Dorong Tumbuhnya Talenta Muda Inovatif dan Kreatif melalui Innovation Room

19 September 2018 0

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan mendorong tumbuhnya talenta muda inovatif dan kreatif dengan menfasilitasi “Innovation Room” bagi masyarakat yang ingin mengembangkan [...]

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1439H/2018M Jatuh Pada Kamis, 17 Mei 2018

16 Mei 2018 0

Pemerintah menetapkan 1  Ramadan 1439H/2018M jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian [...]

ASEAN Sepakati Konsensus Perlindungan Pekerja Migran

14 November 2017 0

MANILA – Salah satu keputusan penting dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN di Manila, Filiphina, adalah disepakatinya konsensus perlindungan bagi pekerja migran di seluruh negara [...]