Senin, 20 Juni 2016 01:56 WIB 0 Komentar 269 Dilihat
Cerita Menaker di Bulan Ramadhan

Cerita Menaker di Bulan Ramadhan

Sebagai Menteri Ketenagakerjaan RI, Muhammad Hanif Dhakiri juga tak mau melewatkan bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan tanpa meningkatkan ketaqwaan dan tentunya pengabdian kepada bangsa dan negara dengan terus berupaya mengurai benang kusut ketenagakerjaan. Dari terbitnya matahari sampai malam menjelang, setiap harinya, menteri tiga anak ini banyak menghabiskan waktu di 'meja kerja' dengan segudang agenda dan persoalan yang ada. 


Di bulan Ramadhan ini, jika ia pulang tak terlampau larut, bersama isteri dan anak-anak tercinta, ia selalu melaksanakan shalat tarawih berjamaah. Sebab, sore harinya, Menaker lebih banyak menghadiri undangan berbuka puasa dengan para pemangku kepentingan bidang ketenagakerjaan seperti serikat pekerja maupun pengusaha. Ia mengakui, kesempatan berbuka bersama keluarga sering kalah dengan agenda di luar.


Pria yang suka dengan kolak isi pisang, kolangkaling dan labu ini mengurangi aktivitas bermusiknya di bulan Ramadhan. Ia lebih memilih untuk sekedar mendengarkan musik dan sesekali jika ada waktu luang melantunkan ayat suci al-quran. 


Baginya, Bulan Ramadhan juga membawa berkah tersendiri. Dalam hal waktu bercengkrama dengan keluarga misalnya, Ramadhan memberikan waktu minimal sahur bersama keluarga. Sebuah momen yang tidak ia dapatkan di luar Bulan Ramadhan. Sebab, diluar Ramadhan, makan semeja bersama keluarga cukup jarang ia dapatkan, sebab padatnya kegiatan.


Saat hari raya, ia juga ikut menjalani tradisi mudik lebaran. Namun sebagai menteri yang tergolong muda, ia tidak menggelar open house di hari raya. Ia lebih suka berkeliling menyambung silaturahim degan karib kerabatnya yang lebih tua. 


Di kampungnya, di wilayah Slatiga. Menaker selalu menjalani peringatan idul fitri yang memberikan kesan unik baginya. Biasanya, selepas Shalat Idhul Fitri, ia makan bersama dalam satu nampan. Setelah itu, lanjut melakukan ziarah kubur bersama kelaurga. Momentum Idhul Fitri merupakan momentum untuk kembali suci dengan saling memaafkan satu sama lain.

Lihat Berita Yang Lain

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1439H/2018M Jatuh Pada Kamis, 17 Mei 2018

16 Mei 2018 0

Pemerintah menetapkan 1  Ramadan 1439H/2018M jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian [...]

120 Santri Jawa Timur Datangi Kantor Kemnaker, Ada Apa?

20 November 2017 0

Dalam kesempatan ini  Menaker  Hanif  mengingatkan agar santri tak boleh minder, bersikap manja dalam menghadapi dahsyatnya persaingan dalam realita hidup. Saat di tempa  di [...]

ASEAN Sepakati Konsensus Perlindungan Pekerja Migran

14 November 2017 0

MANILA – Salah satu keputusan penting dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN di Manila, Filiphina, adalah disepakatinya konsensus perlindungan bagi pekerja migran di seluruh negara [...]