Kamis, 16 Juni 2016 12:16 WIB 0 Komentar 180 Dilihat
Potensi Kelautan Harus Dimaksimalkan Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Potensi Kelautan Harus Dimaksimalkan Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta – Sebagai negara yang wilayahnya didominasi oleh laut, Indonesia perlu memaksimalkan potensi-potensi kelautan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasionalnya. Potensi kelautan yang ada saat ini juga diyakini bisa menyerap 40 juta tenaga kerja. Hal tersebut menunjukan, optimalisasi sektor kelautan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Indonesia dengan luas wilayah laut capai 70 persen tadi kontribusi di bidang kelautan, masih di bawah 30 persen. Dari informasi yang saya peroleh, potensi ekonomi sektor kelautan di Indonesia USD1,2 triliun per tahun dan diperkirakan mampu menyerap tenaga kerja 40 juta orang,” ungkap Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Luas wilayah Indonesia didominasi oleh lautan mencapai 70 persen. Namun, selama ini sumbangsih sektor kelautan di Indonesia hanya 30 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Padahal, negara lain yang sumber daya kelautannya lebih sedikit dari Indonesia mampu menyumbang lebih besar, misalnya Jepang menyumbang 48,5 persen dari PDB dan Thailand yang mampu menyumbang hingga USD 212 miliar.

“Artinya masih banyak potensi laut yang belum dimanfaatkan. Program pembangunan kelautan nantinya harus menjadi acuan dan pedoman,” lanjutnya.

Presiden menambahkan, pembangunan sektor kelautan di Tanah Air harus lebih jelas dan terarah. Potensi kelautan yang selama ini belum dimaksimalkan dengan baik, harus ditingkatkan lagi perannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional kedepan.

“Kita akan bisa jadi negara besar kalau kita mampu menjaga dan memanfaatkan potensi laut. Sektor kelautan juga menjadi penggerak ekonomi kita,” lanjut Presiden.

Menidak lanjutin paparan Presiden tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Rizal Ramli menyampaikan 7 komponen  yang akan dirumuskan pemerintah untuk mendukung pembangunan sektor kemaritiman tersebut, yaitu:

  1. Pembangunan budaya kemaritiman, agar masyarakat Indonesia bisa mencintai lautnya
  2. Pemanfaatan sumber daya laut yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat
  3. Pembangunan tata ruang dan lingkungan laut yang baik, agar potensi kelautan bisa terjaga lestari dan bermanfaat untuk masa mendatang
  4. Pembangunan infrastruktur dan konektivitas antar pulau
  5. Pembangunan pendidikan serta ilmu pengetahuan dan teknologi kemaritiman
  6. Menggalakkan diplomasi maritim
  7. Penguatan keamanan maritim

“Presiden meminta betul-betul ada kerjasama pihak-pihak yang mengatur keamanan maritim agar penyelundupan di Indonesia bisa berkurang,” ujar Menko Rizal Ramli.

Lihat Berita Yang Lain

Jelang May Day, Presiden dan Menaker Makan Siang Bareng Buruh Pabrik Sepatu

30 April 2019 0

Sehari menjelang peringatan Hari Buruh internasional atau May Day 2019, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri melakukan makan siang bersama ribuan  pekerja/buruh [...]

Presiden Jokowi: Tahun Ini 1000, Tahun Depan Minimal 3000 BLK di Pesantren

20 Februari 2019 0

 Presiden  Joko Widodo mengatakan, setelah tahun ini membangun 1000 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di pesantren, tahun depan jumlahnya ditargetkan naik menjadi minimal 3000.

Era Disrupsi Industri 4.0, Menaker: Investasi di Indonesia Menguntungkan

27 September 2018 0

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan tantangan ekonomi di era disrupsi industri 4.0 semakin besar. Namun berinvestasi di Indonesia akan tetap menguntungkan bagi semua pihak di masa [...]