Rabu, 21 Desember 2016 15:54 WIB 0 Komentar 196 Dilihat
Pemerintah Siapkan Tenaga Kerja Terampil Melalui Program Pemagangan Terpadu

Pemerintah Siapkan Tenaga Kerja Terampil Melalui Program Pemagangan Terpadu

Jakarta - Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan berintegritas merupakan pra syarat bagi Indonesia agar dapat menjadi unsur yang diperhitungkan dalam kompetisi global. Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam hal peningkatan kompetensi dan daya saing tenaga kerja Indonesia. Adapun, bentuk dari kerja sama tersebut adalah Program Pemagangan Terpadu yang diagendakan akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Jumat, 23 Desember 2016.

"Kementerian Ketenagakerjaan dan kadin sudah bekerja sama akan melaunching program pemagangan untuk Indonesia yang kompeten. Ini beda dengan pemagangan yang selama ini kita dengar. Ini adalah pemagangan yang terpadu, pemagangan yang terstruktur, pemagangan yang tersistem secara jelas, dan tersertifikasi," ujar Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri pada acara press Conference jelang Persiapan Peresmian Program Pemagangan Terpadu Untuk Indonesia Kompeten dan Berintegritas di Gedung Kadin, Jakarta pada hari Rabu (21/12/2016).

Program pemagangan ini sendiri merupakan tindak lanjut dari MoU antara Kemnaker dengan Kadin tentang Training dan Pendidikan Vokasi yang telah ditanda tangani pada April 2016. Peresmian akan diselenggarakan di Karawang, dimana di tempat tersebut terdapat 5 kawasan industri. Setelah diresmikan di Karawang, program pemagangan tersebut akan digencarkan ke seluruh daerah di Indonesia.

"Pemagangan ini akan berkontribusi besar dalam rangka meningkatkan jumlah tenaga kerja skill, serta menyesuaikan supplay and demand kebutuhan tenaga kerja," tambah Menaker.

Lebih lanjut, program pemagangan tersebut merupakan penguatan mutu dan akses pelatihan kerja di Indonesia. Hal ini dikarenakan angkatan kerja Indonesia masih didominasi oleh pendidikan menengah ke bawah. Oleh karenanya, penguatan mutu dan akses pelatihan kerja merupakan shortcut untuk meningkatkan skill angkatan kerja Indonesia.

"Oleh karena itu perlu peningkatan mutu dan akses pelatihan, salah satunya adalah pemagangan," lanjut Menaker.

Lihat Berita Yang Lain

Optimalisasi LPDP Sambut Bonus Demografi

08 Februari 2017 0

Saat ini, proporsi SDM dengan kualifikasi pendidikan tinggi di Indonesia baru 7,2 persen dari angkatan kerja. Angka ini masih kalah jika dibandingkan dengan Malaysia yang sudah mencapai 20,3 persen [...]

Pasar Rakyat Tidak Boleh Kalah Dengan Mall

30 Januari 2017 0

Menurut Presiden, saat pasar tradisional masih identik dengan kesan kumuh dan kotor. Hal ini berbeda jauh dengan supermarket yang terkenal lebih bersih, rapi, dan ditunjang dengan berbagai [...]

Presiden Jokowi Ingatkan Pentingnya Mempersiapkan SDM Berkualitas

27 Januari 2017 0

Presiden menekankan peningkatan kualitas pendidikan kejuruan. Dirinya menginginkan agar dilakukan peningkatan kualitas baik sarana maupun prasarana dari sekolah-sekolah kejuruan yang ada [...]