Rabu, 21 Desember 2016 15:54 WIB 0 Komentar 198 Dilihat
Pemerintah Siapkan Tenaga Kerja Terampil Melalui Program Pemagangan Terpadu

Pemerintah Siapkan Tenaga Kerja Terampil Melalui Program Pemagangan Terpadu

Jakarta - Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan berintegritas merupakan pra syarat bagi Indonesia agar dapat menjadi unsur yang diperhitungkan dalam kompetisi global. Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam hal peningkatan kompetensi dan daya saing tenaga kerja Indonesia. Adapun, bentuk dari kerja sama tersebut adalah Program Pemagangan Terpadu yang diagendakan akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Jumat, 23 Desember 2016.

"Kementerian Ketenagakerjaan dan kadin sudah bekerja sama akan melaunching program pemagangan untuk Indonesia yang kompeten. Ini beda dengan pemagangan yang selama ini kita dengar. Ini adalah pemagangan yang terpadu, pemagangan yang terstruktur, pemagangan yang tersistem secara jelas, dan tersertifikasi," ujar Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri pada acara press Conference jelang Persiapan Peresmian Program Pemagangan Terpadu Untuk Indonesia Kompeten dan Berintegritas di Gedung Kadin, Jakarta pada hari Rabu (21/12/2016).

Program pemagangan ini sendiri merupakan tindak lanjut dari MoU antara Kemnaker dengan Kadin tentang Training dan Pendidikan Vokasi yang telah ditanda tangani pada April 2016. Peresmian akan diselenggarakan di Karawang, dimana di tempat tersebut terdapat 5 kawasan industri. Setelah diresmikan di Karawang, program pemagangan tersebut akan digencarkan ke seluruh daerah di Indonesia.

"Pemagangan ini akan berkontribusi besar dalam rangka meningkatkan jumlah tenaga kerja skill, serta menyesuaikan supplay and demand kebutuhan tenaga kerja," tambah Menaker.

Lebih lanjut, program pemagangan tersebut merupakan penguatan mutu dan akses pelatihan kerja di Indonesia. Hal ini dikarenakan angkatan kerja Indonesia masih didominasi oleh pendidikan menengah ke bawah. Oleh karenanya, penguatan mutu dan akses pelatihan kerja merupakan shortcut untuk meningkatkan skill angkatan kerja Indonesia.

"Oleh karena itu perlu peningkatan mutu dan akses pelatihan, salah satunya adalah pemagangan," lanjut Menaker.

Lihat Berita Yang Lain

Tekan Angka Pengangguran, Bursa Kerja Harus Lebih Digencarkan

24 Maret 2017 0

Menurut Menaker, hal tersebut sudah diatur oleh aturan internasional, yakni Konvensi ILO Nomor 88 tentang Lembaga Layanan Penempatan Kerja.

Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Sumbawa Adakan Job Fair 2017

21 Maret 2017 0

Dalam pembukaan Job Fair pada hari Selasa, 21 Maret 2017, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa, Syafruddin Nur melaporkan bahwa kondisi ketenagakerjaan di Kabupaten Sumbawa [...]

Bantuan Teknis Premi Asuransi Nelayan Untuk Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia

14 Maret 2017 0

Meski nelayan sebagai salah satu faktor kunci dalam sektor kelautan dan perikanan, tapi kondisi nelayan Indonesia masih belum dapat dikatakan sejahtera. Usaha nelayan sangat dipengaruhi oleh faktor [...]