Senin, 15 Mei 2017 15:05 WIB 0 Komentar 285 Dilihat
Pemerintah Akan Terus Dorong Pertumbuhan Wirausaha Perempuan Di Indonesia

Pemerintah Akan Terus Dorong Pertumbuhan Wirausaha Perempuan Di Indonesia

Jakarta - Pemerintah Indonesia berkomitmen akan terus mendorong pertumbuhan wirausaha di Indonesia, terlebih wirausahawan perempun. Wirausaha memiliki peran multy effect. Dimana pertumbuhan wirausaha sangat berperan terhadap pertumbuhan perekonomian nasional.

"Bersamaan dengan itu, kewirausahaan memberikan banyak kesempatan kerja kepada angkatan kerja, sehingga menurunkan jumlah pengangguran dan memberikan penghasilan kepada masyarakat," kata Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan dalam acara RAKERNAS Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di Jakarta pada hari Senin 15/5/2017).

Bekerja dan berwirausaha tidaklah memandang usia dan jenis kelamin. Untuk itu, kepada penguasaha muslimah yang menghadiri Rakernas tersebut, Menaker ingin mereka terus mengoptimalkan perannya.

"Muslimah harus melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah di amanahkan Allah SWT kepadanya secara optimal, baik di sektor domestik/rumah tangga maupun publik," terangnya.

Berdasarkan Data BPS, terjadi peningkatan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) Perempuan, dari 48,87 persen pada 2015 menjadi 55,04 persen pada Februari 2017.

"Hal ini menunjukan bahwa perempuan telah semakin memperbesar perannya dalam perekonomian," lanjut Menaker menjelaskan.

Selain itu, berdasarkan data Sakernas Agustus 2016, jumlah perempuan yang berprofesi sebagai wirausaha/pengusaha adalah 14,3 juta orang. Jumlah meningkat 1,6 juta orang dibandingkan tahun 2015 yang baru berjumlah 12,7 juta orang.

"Bagi kaum muslimah sendiri, berperan ganda sebagai ibu rumah tangga dan pekerja/pengusaha adalah suatu keistimewaan (privillege). Untuk itu, muslimah harus sekuat tenaga dan senantiasa meningkatkan kemampuan agar semakin profesional menjalankan kedua peran tersebut," paparnya.

Lihat Berita Yang Lain

Menaker Dorong Pemuda di Pamekasan Menjadi Wirausaha Mandiri

22 Mei 2018 0

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mendorong  agar para pemuda di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur semakin banyak yang menjadi wirausaha. Untuk memperbanyak jumlah wirausaha, maka [...]

Pertemukan Investor dan Startup, Wujudkan Indonesia Digital Paradise

11 Mei 2018 0

Pemerintah Republik Indonesia menargetkan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia pada tahun 2020.  Sejak awal tahun 2016, Presiden Joko Widodo telah menetapkan [...]

Lamikro, Aplikasi Laporan Keuangan Sederhana Untuk Usaha Mikro

09 Mei 2018 0

Mengembangkan usaha dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan akuntansi sudah sangat diharuskan. Sebab dengan aplikasi semacam itu, usaha mikro  dapat memonitoring aktivitas keuangan UKM [...]