Jumat, 11 November 2016 16:45 WIB 0 Komentar 190 Dilihat
Menaker Tinjau Langsung Pelatihan di BLK Lampung

Menaker Tinjau Langsung Pelatihan di BLK Lampung

Dalam rangka menunaikan visi besarnya untuk meningkatkan skill tenaga kerja Indonesia,  Menteri Ketenagkerjaan RI, M. Hanif Dhakiri meninjau langsung proses pelatihan vokasional di Balai Latihan Kerja (BLK) Metro, Lampung.

Tiba di BLK Metro Lampung, Menaker yang ditemani Dirjen Binalattas, Khairul Anwar, langsung meninjau pelatihan menjahit. Menteri Hanif memotivasi peserta pelatihan untuk selalu giat dalam mengembangkan skill.

"Terus belajar ya, tingkatkan kompetensi diri agar memiliki daya saing sehingga mudah memasuki pasar kerja" ungkap Menaker Hanif saat meninjau workshop reparasi elektronik, Jumat, (11/11).

Menaker menjelaskan, untuk menyerap tenaga kerja, para pencari kerja (pencaker) harus mau mawas diri karena dunia kerja saat ini menuntut adanya kompetensi dan sertifikasi dari BLK yang ada. Pasalnya, para pencaker yang kita punya saat ini rata-rata lulusan SD dan SMP.

“Kami menyadari, banyak anak-anak muda sekarang yang sudah sarjana. Tapi lebih banyak para tenaga kerja kita yang belum sarjana. Untuk itu, BLK sebagai sarana untuk mengembangan kompetensi harus dimaksimalkan,” papar Menaker.

Kedepan, imbuh Menaker, koordinasi dengan pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota akan terus ditingkatkan untuk memastikan agar peran BLK dalam meningkatkan daya saing tenaga kerja benar-benar bisa berjalan dengan baik.

"Anak-anak yang lulus SMA ini kan belum tentu punya keterampilan, itulah kenapa mereka harus masuk ke BLK. Oleh karena kebutuhan seperti itu maka, akses masyarakat terutama mereka yang berpendidikan SMA ke bawah ini untuk bisa masuk ke BLK ini kan harus lebih baik," ujar Menaker.

Untuk diketahui, Menaker telah menghapus persyaratan latar belakang pendidikan bagi masyarakat usia kerja yang ingin mendaftar dan mendapatkan pelatihan di BLK. Usai meninjau lokasi BLK, Menaker melanjutkan perjalanannya untuk menghadiri Pembukaan Festival Way Kambas Pesona Indonesia 2016 Lampung.

Lihat Berita Yang Lain

Hasil Program dan Kebijakan Pemerintah Harus Bisa Dirasakan Masyarakat

02 Februari 2017 0

Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri menekankan, bahwa hasil dari program dan kebijakan pemerintah harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program dan kebijakan pemerintah [...]

Indonesia-New Zealand Jajaki Kerjasama Bidang Ketenagakerjaan

31 Januari 2017 0

Pada pertemuan tersebut, berbagai kerja sama untuk mendorong peningkatan daya saing tenaga kerja Indonesia sangat penting. Mengingat 60 persen dari 125,44 juta angkatan kerja Indonesia adalah [...]

Cerita Menaker Tentang Ali Imran

31 Januari 2017 0

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mengisahkan perjalanan seorang bapak bernama Ali Imran yang hendak pergi ke sebuah pasar yang letaknya cukup jauh dari tempat tinggalnya. Ali Imran [...]