Selasa, 26 April 2016 13:46 WIB 0 Komentar 299 Dilihat
Menaker: Republik Ini Terlalu Menghabiskan Energi Untuk Pendidikan Formal

Menaker: Republik Ini Terlalu Menghabiskan Energi Untuk Pendidikan Formal

Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri menyatakan Indonesia terlalu banyak menghabiskan dana untuk sektor pendidikan formal namun tidak mengalokasikan dana khusus untuk pelatihan kerja. Hal itu disampaikan Menaker kala memberikan sambutan dalam acara tangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani di Ruang Tridarma Kemnaker, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Menaker menjelaskan, akibat hanya terfokus pada pendidikan formal,  banyak pemuda-pemuda Indonesia rentang usia 18 tahun keatas, hanya terjebak dalam satu jenis pekerjaan tertentu, atau lebih parah, yakni berstatus pengangguran.

"Republik ini ini terlalu banyak menghabiskan energi untuk pendidikan formal, tapi tidak selaras dengan yang dibutuhkan dunia kerja. Kita bicara politeknik, universitas, beasiswa dari negara, siapa yang bisa ambil itu?" Tanya Menteri Hanif.

"60 persen anak-anak kita 18 tahun keatas gak bisa mengakses itu, karena mereka hanya tamatan SD - SMP. Mereka terjebak ke dalam satu jenis pekerjaan tertentu, contoh pasang kancing baju 30 tahun, atau jadi pengangguran. Kalau ini dibiarkan generasi yang lahir setelah itu gak akan melihat perubahan," imbuhnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengaku sering menyampaikan kepada Serikat Pekerja, disamping mereka kerap memperjuangkan kesejahteraan pekerja, seharusnya juga diimbangi dengan peningkatan kompetensi tenaga kerja. Negara harus mengintervensi lewat pelatihan-pelatihan kerja.

Lihat Berita Yang Lain

Menaker Dorong Penanaman Modal di Sektor Over - Supplied Tenaga Kerja

26 Januari 2017 0

Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri mendorong penanaman modal di sektor yang over-Supplied Tenaga Kerja. Hal itu disampaikan menaker pada saat menerima Kepala Badan Koordinasi [...]

Menaker Tekankan Pentingnya Keseimbangan Antara Kerja dan Do’a

24 Januari 2017 0

Ketaatan sebagai ‘Hamba Tuhan Yang Maha Esa’ sangatlah penting untuk terus disublemasikan dalam segala aktifitas, termasuk saat bekerja. Begitupun sebaliknya, kualitas iman tidak cukup [...]

Pentingnya Sikap Toleransi Bagi Generasi Muda Agar Terhindar Dari Isu SARA

23 Januari 2017 0

Oleh karena itu, salah satu upaya yang terus diperjuangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) saat ini adalah meningkatkan kompetensi angkatan kerja. Dengan adanya kompetensi, angkatan [...]