Selasa, 10 Januari 2017 15:48 WIB 0 Komentar 56 Dilihat
Menaker Ajak Diskusi Dirut Bank BTN Bahas Program Desmigratif

Menaker Ajak Diskusi Dirut Bank BTN Bahas Program Desmigratif

Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri menerima Dirut Bank BTN, Maryono bahas perumahan untuk buruh dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terkait Program Desa Migran Produktif (Desmigratif). Pertemuan tersebut digelar di Ruang Kerja Menaker Hanif, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, (10/1/2017).

Program Desmigratif adalah upaya terobosan Kementerian Ketenagakerjaan bekerja sama dengan berbagai lembaga untuk memberdayakan, meningkatkan pelayanan serta memberi perlindungan bagi TKI di desa yang menjadi kantong-kantong TKI. 

Program Desmigratif dirancang untuk menekan jumlah TKI Non-Prosedural. Karena TKI Non-Prosedural ini sangat berkaitan dengan tindak pidana perdagangan manusia (human trafficking) yang kerap melibatkan masyarakat desa sebagai korbannya.

Sebut saja Desa Kuripan yang terpilih sebagai salah satu desa percontohan karena banyak memiliki warga yang berprofesi sebagai TKI di luar negeri. Data yang dimiliki Pemerintah Desa Kuripan menunjukkan bahwa jumlah warga desa yang tercatat sebagai TKI aktif adalah sebanyak 170 orang, sedangkan 178 warga lainnya tercatat sebagai TKI purna. 

"Ada empat konten kegiatan utama dari program Desmigratif ini, keempatnya saling dukung satu sama lain agar program ini memberikan manfaat kepada masyarakat dan dapat berjalan secara berkesinambungan," kata Menaker Hanif.

Lihat Berita Yang Lain

Bank Dunia Siap Bantu Kemnaker Untuk 4 Isu Ini

24 Februari 2017 0

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan M.Hanif Dhakiri menerima audiensi dari Bank Dunia pada sore hari ini, Kamis 23 Februari 2017. Dalam pertemuan yang berlangsung di kantor Kementerian [...]

Hasil Program dan Kebijakan Pemerintah Harus Bisa Dirasakan Masyarakat

02 Februari 2017 0

Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri menekankan, bahwa hasil dari program dan kebijakan pemerintah harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program dan kebijakan pemerintah [...]

Indonesia-New Zealand Jajaki Kerjasama Bidang Ketenagakerjaan

31 Januari 2017 0

Pada pertemuan tersebut, berbagai kerja sama untuk mendorong peningkatan daya saing tenaga kerja Indonesia sangat penting. Mengingat 60 persen dari 125,44 juta angkatan kerja Indonesia adalah [...]