Senin, 31 Oktober 2016 23:17 WIB 0 Komentar 806 Dilihat
Kemnaker Sosialisasikan Program Pemagangan Kepada 100 Supplier Honda

Kemnaker Sosialisasikan Program Pemagangan Kepada 100 Supplier Honda

Bekasi – Dalam rangka mengoptimalkan program pemagangan sebagai salah satu skema peningkatan kompetensi masyarakat Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) melakukan sosialisasi skema pemagangan kepada 100 supplier part PT Astra Honda Motor.

Sosialisasi ini diharapkan mampu meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya pemagangan oleh para pengusaha. Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan mampu akses dan mutu pemagangan bagi masyarakat Indonesia terus meningkatkan.

“Sosialisasi lebih detail karena menyangkut proses rekrutmen, seleksi, penyusunan sillabus atau modul, syarat minimum  sebuah perusahaan bisa ikut magang, dan lain-lain,” kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI Dita Indah Sari pada acara ‘Sosialisasi Program Pemagangan Dengan 100 Supplier Honda Motor’ di Aula Astra Honda Kawasan MM2100 Cibitung, Bekasi hari Senin (31/10/2016).

Menurut Dita Indah Sari, optimalisasi program pemagangan tersebut juga membutuhkan dukungan dari pihak Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB). Saat ini, SP/SB harus mampu meningkatkan awareness terhadap pentingnya peningkatan kompetensi anggotanya maupun masyarakat umum. Sehingga dengan adanya peningkatan kompetensi akan diikuti dengan meningkatkan produktivitas. Dengan adanya produktivitas yang tinggi dari para pekerja, maka kesejahteraan pekerja bersangkutan pun akan meningkat.

“Juga bagaimana menyampaikan program ini kepada serikat pekerja agar mendpt dukungan serikat pekerja,” lanjut Dita.

Selain itu, pemerintah daerah juga diharapkan mampu mendukung terwujudnya program pemagangan tersebut. Mengingat kebutuhan tenaga kerja skilled saat ini semakin penting.

Saat ini, Kemnaker terus membenahi skema dan memperluas jaringan pemagangan. Sehingga, pemerintah daerah harus memberikan pendampingan terhadap perusahaan-perusahaan yang menjalankan program pemagangan tersebut.

“Juga bagaimana krusialnya keterlibatan Pemda dalam program ini, yang diwujudkan dalam bentuk pendirian komite vokasi di tingkat daerah, yang tugasnya adalah mengasistensi perusahaan-perusahaan yang menerima anak magang,” paparnya.

Lihat Berita Yang Lain

Menaker Gandeng KADIN Targetkan 400 Ribu Peserta Pemagangan

16 Mei 2018 0

Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan mampu menggelar program pemagangan  bagi 400.000 orang yang didukung oleh  Kamar Dagang dan Industri (KADIN),  Asosiasi Pengusaha Indonesia [...]

Perkuat Komite Vokasi Nasional, Kemnaker Dukung Kerjasama Kadin dan IHK Trier Jerman

09 Mei 2018 0

Kementerian Ketenagakerjaan mendukung kerja sama Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia dengan  Industrie-und Handelskammer (IHK) Trier ( Kadin Jerman) untuk memperkuat Komite Vokasi Nasional [...]

Menaker: Program Pemagangan Siapkan Tenaga Kerja Sesuai Kebutuhan Industri

29 Maret 2018 1

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri  mengingatkan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui investasi SDM di Indonesia. Ketersediaan SDM  andal harus diprioritaskan [...]