Senin, 09 Mei 2016 19:12 WIB 0 Komentar 290 Dilihat
Kemnaker Siapkan Penghargaan SMK3 Tahun 2016

Kemnaker Siapkan Penghargaan SMK3 Tahun 2016

Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) tengah menyiapkan acara penghargaan untuk insan dunia usaha yang telah berhasil mengimplementasikan Standar Menejemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di lingkungan kerja.  Acara penghargaan ini sendiri merupakan acara rutin yang digelar oleh Kemnaker tiap tahun di bawah komando Direktorat Jenderal Pembinaan dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 (Ditjen Binwasnaker dan K3).

“Untuk memberikan motivasi dan dorongan bagi perusahaan-perusahaan serta berbagai pihak terkait, yang telah berhasil norma K3 di perusahaan dan tempat kerja,” kata Plt. Dirjen Binwasnaker dan K3, Maruli Apul Hasoloan dalam rapat persiapan K3 Award di Kantor Kemnaker Jakarta, Senin (9/5/2016).

Selain sebagai bentuk penghargaan, penganugerahaan K3 juga bertujuan untuk memotivasi dunia usaha agar menerapkan SMK3 dengan baik di lingkungan kerjanya. Penilaian dalam penganugerahaan K3 tidak hanya diberikan kepada pengusaha, tetapi juga pemerintah daerah selaku Pembina dari implementasi K3 tersebut.

Pada penganugerahaan K3 tahun 2015, sebanyak 956 perusahaan yang berasal dari seluruh Indonesia meraih penghargaan Zero Accident (Nihil Kecelakaan Kerja) tahun 2015. Perusahaan peraih penghargaan itu menandakan bahwa di lingkungan mereka tidak terjadi kecelakaan kerja dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Sedangkan penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) diberikan kepada 635 perusahaan yang berhasil menerapkan SMK3 secara terpadu dan berkelanjutan berdasarkan evaluasi hasil audit dari lembaga audit. Penghargaan K3 pun diberikan kepada 15 gubernur dan 28 walikota/bupati yang berhasil menjadi Pembina K3 terbaik di wilayahnya.

Adapun, penghargaan Pembina Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV - AIDS di Tempat Kerja diberikan kepada  1 Bupati Semarang dan penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS di Tempat Kerja diberikan kepada 75 perusahaan.

Lihat Berita Yang Lain

Pengawas Ketenagakerjaan dan Balai K3 Harus Sinergis Tegakkan Norma Ketenagakerjaan

09 Maret 2017 0

Hubungan erat antara Pengawas Ketenagakerjaan dengan Balai K3 ini, jelas Dirjen Maruli, terletak pada fungsi keduanya yang menjalankan fungsi publik. Yakni sama-sama bertugas untuk memastikan [...]

Ini 3 Tujuan Penerapan K3 Di Lingkungan Kerja

26 Januari 2017 0

Penerapan dan pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) memiliki beberapa tujuan berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja. Tiga tujuan sesuai Undang-Undang [...]

Perusahaan Yang Wajib Menerapkan SMK3

19 Januari 2017 0

Sebagaimana diketahui, negara menjamin kepada setiap pekerja atas hak untuk mendapatkan perlindungan atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Hal ini ditegaskan dalam Pasal 86 ayat (1) huruf a [...]