Kamis, 25 Januari 2018 17:04 WIB 0 Komentar 2894 Dilihat
Kemnaker Resmikan Liga Pekerja Indonesia di Sumut

Kemnaker Resmikan Liga Pekerja Indonesia di Sumut

Medan—Setelah sepekan lalu digelar di Batam, Kepulauan Riau, Menteri Ketenagakerjaan kembali melakukan kick off zona provinsi Liga Pekerja Indonesia (LPI) Tahun 2018, di Mini Pancing, Dinas Olaraga (Dispora) Medan, Sumatera Utara, Kamis (25/1).

Tendangan pertama Menaker yang diwaliki oleh Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial (PHI) dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Haiyani Rumondang menandai  awal digelarnya LPI atas Prakarsa Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) yang bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asosiasi Pengusaha (APINDO), Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di provinsi Sumut.

 
Menurut Haiyani dalam sambutannya, penyelenggaraan LPI merupakan bagian upaya meningkatkan produktivitas pekerja dan perusahaan serta sebagai sarana meningkatkan hubungan industrial yang harmonis dan kondusif. “LPI dapat menciptakan hubungan yang realistis, lebih manusiawi, terintegrasi, kekeluargaan dan sportivitas, khususnya bagi pekerja yang mayoritas menggemari olahraga sepakbola, “ katanya.

 
LPI di Sumut diikuti delapan tim/klub yang terbagi dalam dua grup. Grup A diisi oleh tim Bank Sumut, Wiraland Property, Kim Persero, Bank BRI. Grub B dihuni empat tim yakni PTPN III, Tirtanadi, PTPN IV dan Bank Mandiri. 

 
Haiyani menyatakan pelaksanaan LPI merupakan kegiatan yang patut dicontoh oleh para pemangku kepentingan dalam merayakan May Day agar pemaknaan peringatan May Day ini tidak hanya dengan unjuk rasa dalam menyuarakan aspirasi pekerja/buruh, akan tetapi membuat suatu gerakan/aksi yang bermanfaat bagi masyarakat luas yang dilaksanakan dengan hati yang gembira. 

 
“Penyelenggaraan LPI merupakan momentum tepat dalam menyambut May Day Tahun 2018 dengan menjadikan May Day sebagai hari yang menyenangkan bagi semua unsur baik SP/SB, pengusaha dan pemerintah sehingga May Day dapat dimanfaatkan dengan baik dan dijadikan momen kebersamaan bagi para pekerja/buruh, “ katanya.

 
LPI yang diinisiasi oleh Menaker periode 2009-2014 Muhaimin Iskandar, diharapkan dapat membangkitkan semangat kebersamaan antar pekerja/buruh.  LPI secara resmi mulai bergulir pada Minggu (17/12) di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur dengan  melibatkan tim sepak bola dari unsur pekerja dan pengusaha dan diikuti 544 tim dari seluruh Indonesia.

 
Babak penyisihan LPI digelar di 34 provinsi dan diikuti maksimal 16 (enam belas) tim. Tim juara akan berlaga di  delapan zona regional. Tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional, yang selanjutnya ke babak semi-final dan babak final di Jakarta. Partai  final akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei 2018.

 
Juara LPI, selain mendapatkan piala bergilir presiden, juga berhak mengantongi uang pembinaan yang diberikan kepada Juara I Liga. Kepada Juara I, Juara II, Juara III, dan Juara IV, juga akan diberikan penghargaan kepada pemain dengan kategori  Top Scorer, Best Player, dan Best Goalkeeper.

 
Didampingi Plt Kadisnaker Sumut Francisco Bangun dan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian, Hayani mengatakan sepakbola sebagai salah satu cabang olahraga paling populer di seluruh dunia, termasuk juga Indonesia, tidak hanya sekedar olahraga untuk meraih kemenangan dan prestasi, akan tetapi juga diharapkan bisa memperkuat kebersamaan, persaudaraan, memperkuat jiwa kebangsaan. “Sepakbola juga sebagai alat pemersatu bangsa dan meningkatkan ketahanan sosial, yang dalam hal ini adalah bagi pekerja/buruh yang ikut berkompetisi, “ lanjut Dirjen Haiyani.

 
Hayani mengungkapkan pada tahun 1970, dilatarbelakangi oleh banyaknya karyawan yang hobi dan ahli bermain bola, maka muncullah sebuah klub atau badan dengan nama Liga Sepakbola Karyawan (Galakarya).  Galakarya telah melahirkan talenta-talenta sepakbola sebagai kekuatan tim nasional (Timnas) sepakbola Indonesia. Sebut saja Ronny Pattinasarani, Simson Rumahpasal, Marsely Tambayong,  Rully Nere (PT Warna Agung), Dede Sulaiman, AA Rake (PT Permorin), Ronny Pasla, Robby Binur, Johanes Auri, Suaeb Rizal (PT Pertamina), Sudarno, Anjas Asmara, Sofyan Hadi, Iswadi Idris dan  Andi Lala (PT Niac Jaya Jakarta).

 
Biro Humas Kemnaker

Lihat Berita Yang Lain

Praktisi SDM Perlu Antisipasi Perkembangan Teknologi Digital

08 Maret 2018 0

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor kunci dalam menghadapi perkembangan teknologi digital. Oleh karena itu, para praktisi SDM dan HR Manajemen  harus membuat sistem yang mampu [...]

Liga Pekerja Zona Provinsi Bengkulu Resmi Digulirkan

13 Februari 2018 0

Dalam sambutannya, Dirjen PHI dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) Haiyani Rumondang menyebutkan, juara Lipesia direncanakan memperebutkan piala bergilir, yakni Piala Presiden RI.

Lipesia Riau Mulai Bergulir Bidik Atlet Sepakbola Potensial

10 Februari 2018 0

Kelima tim yang bertarung mulai 10 Februari-3 Maret nanti adalah PT Astra Argo Lestari, PT Perkebunan Nusantara V, PT RIAU ANDALAN PULP & PAPER (RAPP), Bank Riau-Kepri dan Bank Tabungan Negara [...]