Rabu, 12 April 2017 12:01 WIB 0 Komentar 303 Dilihat
Kemakmuran Suatu Bangsa Bisa Diraih Dengan Tiga Hal

Kemakmuran Suatu Bangsa Bisa Diraih Dengan Tiga Hal

Kemakmuran suatu bangsa sudah tidak lagi di tentukan oleh sumberdaya alam maupun jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang banyak. Saat ini kemakmuran lebih di tentukan oleh brain power, cita-cita, semangat dan kepercayaan. 

"Singkatnya dibutuhkan ilmu, iman, dan taqwa untuk meraih kemamuran suatu bangsa," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Hery Sudharmanto, saat memeberikan sambutan pada acara Workshop on promoting research and study on Islamic concepts and practices cocerning labour matter di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4).

Menurut Hery, diperlukan konsep yang mampu mensinkronkan, menharmoniskan dan mensinergikan semua hal tersebut. Peran peneliti Negara-negara anggota OKI diperlukan untuk mengkaji secara komprehensif dan fundamental model-model dalam sistem nilai ajaran Islam yang dapat yang dapat diaplikasikan dalam pembangunan terutama bidang ketenagakerjaan.

"Esensi workshop ini adalah untuk menggalang komitmen Negara-negara OKI dalam mewujudkan terimplementasinya konsep dan sistem Islam dalam sistem ketenagakerjaan," papar Hery.

Ia menambahkan, terimpelementasinya konsep dan sistem Islam dalam sistem ketenagakerjaan merupakan salah satu jalan terbaik untuk mencapai kesejahteraan suatu bangsa. Workshop negara-negara anggota OKI ini merupakan kesempatan baik untuk melakukan berbagai perbaikan peningkatan, pengutan, dan perubahan agenda agar terjadi akselerasi implementasi konsep dan praktik Islam dalam sistem ketenagakerjaan. 

"Workshop ini juga membuktikan komitmen Indonesia dalam menindaklanjuti hasil pertemuan Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja ke-2 di Baku, Azerbaijan tahun 2014," imbuh Hery.

Selain itu forum ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja ke-3 di Jakarta tahun 2015.

"Semoga workshop ini dapat menghasilkan kesepahaman dan komitmen untuk melaksanakannya," pungkas Hery.

Lihat Berita Yang Lain

ASEAN, Jepang, Korea dan China Sepakat Perkuat Kampanye Green Jobs

30 November 2018 0

KUALA LUMPUR – Pertemuan para menteri ketenagakerjaan negara-negara ASEAN atau ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-25 dan ALMM plus Jepang, Korea dan China (ALMM+3) di Kuala Lumpur [...]

Era Disrupsi Industri 4.0, Menaker: Investasi di Indonesia Menguntungkan

27 September 2018 0

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengatakan tantangan ekonomi di era disrupsi industri 4.0 semakin besar. Namun berinvestasi di Indonesia akan tetap menguntungkan bagi semua pihak di masa [...]

Kemnaker Dorong Tumbuhnya Talenta Muda Inovatif dan Kreatif melalui Innovation Room

19 September 2018 0

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan mendorong tumbuhnya talenta muda inovatif dan kreatif dengan menfasilitasi “Innovation Room” bagi masyarakat yang ingin mengembangkan [...]