Rabu, 12 April 2017 12:01 WIB 0 Komentar 253 Dilihat
Kemakmuran Suatu Bangsa Bisa Diraih Dengan Tiga Hal

Kemakmuran Suatu Bangsa Bisa Diraih Dengan Tiga Hal

Kemakmuran suatu bangsa sudah tidak lagi di tentukan oleh sumberdaya alam maupun jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang banyak. Saat ini kemakmuran lebih di tentukan oleh brain power, cita-cita, semangat dan kepercayaan. 

"Singkatnya dibutuhkan ilmu, iman, dan taqwa untuk meraih kemamuran suatu bangsa," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Hery Sudharmanto, saat memeberikan sambutan pada acara Workshop on promoting research and study on Islamic concepts and practices cocerning labour matter di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4).

Menurut Hery, diperlukan konsep yang mampu mensinkronkan, menharmoniskan dan mensinergikan semua hal tersebut. Peran peneliti Negara-negara anggota OKI diperlukan untuk mengkaji secara komprehensif dan fundamental model-model dalam sistem nilai ajaran Islam yang dapat yang dapat diaplikasikan dalam pembangunan terutama bidang ketenagakerjaan.

"Esensi workshop ini adalah untuk menggalang komitmen Negara-negara OKI dalam mewujudkan terimplementasinya konsep dan sistem Islam dalam sistem ketenagakerjaan," papar Hery.

Ia menambahkan, terimpelementasinya konsep dan sistem Islam dalam sistem ketenagakerjaan merupakan salah satu jalan terbaik untuk mencapai kesejahteraan suatu bangsa. Workshop negara-negara anggota OKI ini merupakan kesempatan baik untuk melakukan berbagai perbaikan peningkatan, pengutan, dan perubahan agenda agar terjadi akselerasi implementasi konsep dan praktik Islam dalam sistem ketenagakerjaan. 

"Workshop ini juga membuktikan komitmen Indonesia dalam menindaklanjuti hasil pertemuan Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja ke-2 di Baku, Azerbaijan tahun 2014," imbuh Hery.

Selain itu forum ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan Konferensi Tingkat Menteri Tenaga Kerja ke-3 di Jakarta tahun 2015.

"Semoga workshop ini dapat menghasilkan kesepahaman dan komitmen untuk melaksanakannya," pungkas Hery.

Lihat Berita Yang Lain

Kerjasama Pekerja dan Pengusaha Dukung Perekonomian Nasional

16 April 2018 0

Menurutnya, dialog sosial inilah sarana bagi semua pihak untuk menuangkan gagasannya. Termasuk, mencari jalan keluar manakala terjadi perselisihan. "Dalam interaksi hubungan industrial, kita ini kan [...]

Pemerintah Tingkatkan Kemampuan SDM Mengelola Hasil Pertanian

04 April 2018 0

Jakarta--Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan pemerintah terus berupaya memperbaiki kebijakan pertanian seiring kemampuan SDM pertanian agar mampu mengelola hasil-hasil pertanian secara lebih [...]

Sumur Bor Air Bersih, Dari Rakyat Untuk Rakyat

29 Maret 2018 1

Perbedaan kondisi geologi, terutama curah hujan dan hidrologi di wilayah tertentu Indonesia kerap menjadi hambatan  masyarakat untuk mendapat akses air bersih. Terlebih, air bersih memiliki [...]