Kamis, 02 Februari 2017 16:02 WIB 0 Komentar 329 Dilihat
Hasil Program dan Kebijakan Pemerintah Harus Bisa Dirasakan Masyarakat

Hasil Program dan Kebijakan Pemerintah Harus Bisa Dirasakan Masyarakat

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri menekankan, bahwa hasil dari program dan kebijakan pemerintah harus bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program dan kebijakan pemerintah tidak boleh hanya berlandaskan pada penyerapan anggaran saja.

“Paling kunci adalah agar bagaimana semua program dan kegaitan yang dijalankan pemerintah dalam bidang ketenagakerjaan itu benar-benar bisa dirasakan masyarakat,” kata Menteri Hanif setelah membuka ‘Rapat Koordinasi Nasional Ketenagakerjaan’ di Hotel Bidakara Jakarta pada hari Kamis (2/2/2017).

Pada pertemuan yang diikuti oleh perwakilan dinas yang membidangi ketenagakerjaan di berbagai daerah tersebut, Menteri Hanif mencontohkan dengan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA). Layanan yang terintegrasi dengan beberapa dinas lain seperti keimigrasian dan BP3TKI tersebut, yang menjadi indikator pencapaian tidak hanya sebatas ketersediaan pegawai pelayanan yang ditunjang dengan berbagai fasilitas saja. Namun lebih dari itu, kualitas dan kuantitas masyarakat yang memanfaatkan layanan tersebutlah indikator utamanya.

“Tapi, berapa orang yang berproses di situ itu lah manfaatnya. Jadi kalo dulu sedikit, sekarang banyak, itulah manfaatnya di situ,” lanjut Menteri Hanif.

Menaker juga berharap agar pemerintah daerah benar-benar memperhatikan persoalan ketenagakerjaan. Menurutnya, perosalan pada bidang ketenagakerjaan adalah salah satu faktor ketimpangan sosial terjadi di Indonesia.

“Oleh karenanya, dalam rangka kita ini menekan ketimpangan sosial, maka isu ketenagakerjaan itu harus didorong ke tengah. Nah salah satunya adalah dengan melakukan realokasi anggaran pendidikan yang nomenklaturnya itu benar-benar bisa diarahkan ke pelatihan kerja. Nah ini penting, tidak hanya untuk di pusat, tetapi juga daerah,” ujarnya.

Lihat Berita Yang Lain

ASEAN, Jepang, Korea dan China Sepakat Perkuat Kampanye Green Jobs

30 November 2018 0

KUALA LUMPUR – Pertemuan para menteri ketenagakerjaan negara-negara ASEAN atau ASEAN Labour Ministers Meeting (ALMM) ke-25 dan ALMM plus Jepang, Korea dan China (ALMM+3) di Kuala Lumpur [...]

Untuk Pertama Kalinya, Kemnaker Susun Glosarium Bidang Penempatan Tenaga Kerja

22 Oktober 2018 0

Melalui Glosorium, terang Edi, nantinya masyarakat dapat pula memahami istilah teknis dan mekanisme bidang Ketenagakerjaan sehingga apabila terdapat mutasi maupun promosi sudah tidak memerlukan waktu [...]

Tahun 2018, Kemnaker Fokus Tingkatkan SDM dan Kualitas Pekerja

08 Januari 2018 0

Diakui Menteri Hanif, seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2018, pihaknya masih menghadapi tantangan yang sama. Terutama menghadapi tantangan kemiskinan, kesenjangan sosial dan  tantangan [...]