Kamis, 22 Februari 2018 18:20 WIB 0 Komentar 1451 Dilihat
Di Forum OKI, Menteri Hanif Ajak Negara Islam Antisipasi Dampak Ekonomi Digital

Di Forum OKI, Menteri Hanif Ajak Negara Islam Antisipasi Dampak Ekonomi Digital

JEDDAH - Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri mengajak kepada seluruh negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk mengantisipasi kondisi global ketenagakerjaan, khususnya dampak ketenagakerjaan di era ekonomi digital.

 

Ajakan tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada pertemuan tingkat Menteri Ketenagakerjaan ke -4 OKI di Jeddah, Arab Saudi, Kamis 22 Februari 2018.

 

“Sudah saatnya seluruh Menteri Ketenagakerjaan OKI, memberi perhatian serius pada kondisi global ketenagakerjaan saat ini. Misalnya adanya kebutuhan keterampilan-keterampilan baru serta peralihan jenis pekerjaan (job shifting) sebagai dampak dari digitalisasi dan e-commerce,” kata Menteri Hanif.

 

Teknologi digital telah melahirkan banyak jenis pekerjaan baru. Namun pada saat yang sama,  banyak jenis pekerjaan yang hilang sebagai dampak digitalisasi dan otomatisasi teknologi.

 

Untuk itu, harus ada upaya serius untuk mengantisipasinya. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Hanif mencontohkan apa yang sudah dilakukan Indonesia untuk mengantisipasi hal tersebut, diantaranya dengan menggalakkan pelatihan vokasi dan pemagangan, baik kepada angkatan kerja baru maupun kepada  pekerja yang terkena pemutusan hubngan kerja.

 

Indonesia akan konsisten mengawal usulan tersebut pada forum OKI selanjutnya. (**)

 

Biro Humas Kemnaker

Lihat Berita Yang Lain

Kemnaker – AWS Kerjasama Pelatihan Cloud Computing Bagi 400 Instruktur BLK

16 Juli 2019 0

Kementerian Ketenagakerjaan dan AWS (Amazon Web Services) bekerjasama terkait pelatihan Cloud computing bagi instruktur di Balai Latihan Kerja (BLK), Unit pelaksana Teknis Pusat (UPTP) maupun milik [...]

Menaker Hanif Tinjau BLK Komunitas di Sukabumi

15 Januari 2019 0

Dalam kunjungan kerja ke BLK Komunitas workshop kejuruan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang terletak di samping Ponpes Darul Ahkam selama 60 menit, Hanif Dhakiri didampingi oleh [...]

Dukung Industri Animasi, Pemerintah Bikin Creative Room di Bekasi

16 November 2018 0

Untuk mendukung perkembangan industri animasi di tanah air, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri meresmikan penggunaam Creative Room dan meluncurkan film Animasi “NANO Millenial Force" di [...]