Kamis, 22 Februari 2018 18:20 WIB 0 Komentar 1359 Dilihat
Di Forum OKI, Menteri Hanif Ajak Negara Islam Antisipasi Dampak Ekonomi Digital

Di Forum OKI, Menteri Hanif Ajak Negara Islam Antisipasi Dampak Ekonomi Digital

JEDDAH - Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri mengajak kepada seluruh negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk mengantisipasi kondisi global ketenagakerjaan, khususnya dampak ketenagakerjaan di era ekonomi digital.

 

Ajakan tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada pertemuan tingkat Menteri Ketenagakerjaan ke -4 OKI di Jeddah, Arab Saudi, Kamis 22 Februari 2018.

 

“Sudah saatnya seluruh Menteri Ketenagakerjaan OKI, memberi perhatian serius pada kondisi global ketenagakerjaan saat ini. Misalnya adanya kebutuhan keterampilan-keterampilan baru serta peralihan jenis pekerjaan (job shifting) sebagai dampak dari digitalisasi dan e-commerce,” kata Menteri Hanif.

 

Teknologi digital telah melahirkan banyak jenis pekerjaan baru. Namun pada saat yang sama,  banyak jenis pekerjaan yang hilang sebagai dampak digitalisasi dan otomatisasi teknologi.

 

Untuk itu, harus ada upaya serius untuk mengantisipasinya. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Hanif mencontohkan apa yang sudah dilakukan Indonesia untuk mengantisipasi hal tersebut, diantaranya dengan menggalakkan pelatihan vokasi dan pemagangan, baik kepada angkatan kerja baru maupun kepada  pekerja yang terkena pemutusan hubngan kerja.

 

Indonesia akan konsisten mengawal usulan tersebut pada forum OKI selanjutnya. (**)

 

Biro Humas Kemnaker

Lihat Berita Yang Lain

Tingkatkan Layanan Ketenagakerjaan, Kemnaker Jalin Kerja Sama Dengan IBM

11 Mei 2018 0

Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi International Business Machines (IBM) untuk meningkatkan integrasi sistem teknologi yang ada di Kemnaker [...]

Sidak Penampungan PMI, Tim Kemnaker Temukan 11 Calon PMI Unprosedural

07 Maret 2018 0

Dari hasil sidak ke penampungan milik perusahaan penyalur PMI, PT Madaso International Labour tersebut, didapati 11 calon PMI yang akan diberangkatkan ke Malaysia secara unprosedural. Sidak ini [...]

OKI Sepakati Usulan Indonesia Terkait Peningkatan Keterampilan Pekerja dan Pekerja Migran

22 Februari 2018 0

Kedua dokumen tersebut telah disepakati pada pertemuan pejabat senior Kementerian Ketenagakerjaan anggota OKI yang diselenggarakan Rabu di Jeddah, Arab Saudi. Hasil kesepakatan akan ditandatangani [...]