Kamis, 25 Agustus 2016 17:25 WIB 0 Komentar 69 Dilihat
Dalam Forum Internasional, Menaker Hanif Bicara Pentingnya Negara Penerima Menjamin Perlindungan Sos

Dalam Forum Internasional, Menaker Hanif Bicara Pentingnya Negara Penerima Menjamin Perlindungan Sos

Menteri Ketenagakerjaan RI, M Hanif Dhakiri menegaskan buruh migran harus dilindungi hak-haknya. Pasalnya, keberadaan buruh migran telah mempunya kontribusi yang tidak kalah  besar terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

Dalam forum internasional tingkat menteri, Menaker Hanif mengatakan, pentingnnya para negara penerima buruh migran untuk menjamin perlindungan terhadap buruh migran. Sebab, tanpa mereka (buruh migran) keberadaan perusahaan/majikan tidak mempunyai arti apa-apa. Selain itu, menurut dia, peran buruh migran juga dapat mempererat hubungan internasional.

“Colombo Process memiliki peran strategis dalam kerjasama dan koordinasi antarnegara-negara pengirim pekerja migran, agar terwujud migrasi yang fair, aman dan menguntungkan seluruh pekerja migran,” kata Menaker Hanif di Colombo, Kamis, (25/8/2016).

Pertemuan tahun ini mengambil tema “Migration for Prosperity: Adding Value by Working Together”. Acara dibuka Menteri Tenaga Kerja Luar Negeri Sri Lanka yang juga sebagai ketua Colombo Process, Thalatha.

Colombo Process adalah forum konsultasi regional para Menteri negara-negara pengirim tenaga kerja se Asia (bersifat  tidak mengikat).  Anggota forum ini terdiri dari 11 negara, yakni Sri Lanka, Afghanistan, Bangladesh, Cina, India, Nepal, Pakistan, Filipina,  Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Sesuai dengan  namanya itu sendiri, forum ini dibentuk di Colombo pada 2003.  Selanjutnya pertemuan serupa dihelat di Manila Philipina (2004), Bali, Indonesia (2005), Dhaka, Bangladesh (2011), dan pertemuan di Colombo tahun ini merupakan pertemuan kelima.

 

 

 

 

Lihat Berita Yang Lain

Menaker Dorong Penanaman Modal di Sektor Over - Supplied Tenaga Kerja

26 Januari 2017 0

Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri mendorong penanaman modal di sektor yang over-Supplied Tenaga Kerja. Hal itu disampaikan menaker pada saat menerima Kepala Badan Koordinasi [...]

Menaker Tekankan Pentingnya Keseimbangan Antara Kerja dan Do’a

24 Januari 2017 0

Ketaatan sebagai ‘Hamba Tuhan Yang Maha Esa’ sangatlah penting untuk terus disublemasikan dalam segala aktifitas, termasuk saat bekerja. Begitupun sebaliknya, kualitas iman tidak cukup [...]

Pentingnya Sikap Toleransi Bagi Generasi Muda Agar Terhindar Dari Isu SARA

23 Januari 2017 0

Oleh karena itu, salah satu upaya yang terus diperjuangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) saat ini adalah meningkatkan kompetensi angkatan kerja. Dengan adanya kompetensi, angkatan [...]