Rabu, 03 Agustus 2016 16:46 WIB 0 Komentar 101 Dilihat
Menaker Bicara Bonus Demografi

Menaker Bicara Bonus Demografi

Bicara bonus demografi berarti kita bicara tentang hal-hal yang sifatnya futuristik. Bonus demografi secara sederhananya mengambarkan sebuah keadaan kedepan di mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan usia muda dan lanjut usia.

Berdasarkan hasil proyeksi penduduk pada 2010-2035 menunjukkan, Indonesia kini memasuki era bonus demografi yang  puncaknya diperkirakan terjadi pada 2028-2030 kedepan.

Demi merespon hal itulah, Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri angkat bicara dan  mengajak generasi muda Indonesia untuk terus meningkatkan daya saing guna memenangkan kompetisi di dunia kerja serta mampu berkontribusi dalam membangun bangsa.

"Kalau kita mau jujur, angkatan kerja usia produktif kita setiap tahun naik. Bahkan nanti Indonesia akan didominasi anak muda. Oleh karena itu, anak muda harus memiliki daya saing agar tidak menjadi beban bangsa," kata Menteri yang punya hoby membaca dan bermain musik ini saat berdiskusi santai di rumah dinas kementerian, Rabu, (3/8/2016) dini hari.

Menaker Hanif menjelaskan kehadiran bonus demografi menjadi suatu peluang sekaligus tantangan yang harus dikelola secara baik agar memberikan keuntungan maksimal di masa mendatang terutama anak-anak muda.

“Kalau bidang ketenagakerjaan ya, bonus demografi harus dimanfaatkan secara optimal melalui peningkatan kualitas SDM, penyiapan tenaga kerja dan strategi pembangunan kependudukan. “Ayo tingkatkan skill, kembangkan kreativitas, dan terus berinovasi” ujar dia.

Lihat Berita Yang Lain

Menaker Dorong Penanaman Modal di Sektor Over - Supplied Tenaga Kerja

26 Januari 2017 0

Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri mendorong penanaman modal di sektor yang over-Supplied Tenaga Kerja. Hal itu disampaikan menaker pada saat menerima Kepala Badan Koordinasi [...]

Menaker Tekankan Pentingnya Keseimbangan Antara Kerja dan Do’a

24 Januari 2017 0

Ketaatan sebagai ‘Hamba Tuhan Yang Maha Esa’ sangatlah penting untuk terus disublemasikan dalam segala aktifitas, termasuk saat bekerja. Begitupun sebaliknya, kualitas iman tidak cukup [...]

Pentingnya Sikap Toleransi Bagi Generasi Muda Agar Terhindar Dari Isu SARA

23 Januari 2017 0

Oleh karena itu, salah satu upaya yang terus diperjuangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) saat ini adalah meningkatkan kompetensi angkatan kerja. Dengan adanya kompetensi, angkatan [...]