Jumat, 29 April 2016 14:47 WIB 0 Komentar 203 Dilihat
BLK Diharapkan Bisa Dongkrang Kompetensi Kerja

BLK Diharapkan Bisa Dongkrang Kompetensi Kerja

Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) terus berupaya untuk meningkatkan mutu tenaga kerja di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan agar tenaga kerja dalam negeri memiliki kompetensi untuk bersaing dengan tenaga kerja asing.

Sebut saja salah satu program yang dimiliki Kemnaker adalah pelatihan di balai latihan kerja (BLK) yang tersebar di banyak provinsi. Keberadaan BLK diharap bisa menjadi perpanjangan Kemnaker untuk menjadikan tenaga kerja semakin berkualitas.

"BLK di bawah kementerian ini ada 19 dan bagus. Tapi, BLK yang ada di pemerintah daerah ini, mereka gak top banget," ujar Menteri Hanif di Jakarta, Jum’at, (29/4/2016).

Berdasarkan data Kemenaker, terdapat 276 unit BLK di seluruh Indonesia. Hampir semua dimiliki oleh pemerintah daerah. Menurut Hanif, saat ini BLK di daerah belum memiliki standar pelatihan yang baik.

Menaker menjelaskan, dengan sistem pelatihan yang belum terakreditasi, membuat BLK di Pemda dianggap tidak begitu memberikan dampak besar pada tenaga kerja yang melakukan pelatihan di balai tersebut.

"Kalau ada yang ditanya bagaimana tentang BLK di daerah, image-nya pasti jelek," kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Dengan keberadaan BLK di daerah yang belum baik, Menteri Hanif berharap, pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota yang mempunyai BLK bisa mengajukan agar memiliki standar pelatihan yang sesuai dengan BLK di pusat. Sehingga, BLK yang ada di mana pun bisa menjadikan tempat ini sebagai lompatan besar untuk professional training.

Lihat Berita Yang Lain

Dapatkan Berbagai Informasi Pelatihan Kerja di Kios3in1

28 Desember 2016 0

Pada laman yang terhubung dengan masing-masing UPTD/BLK, masyarakat dapat mengakses informasi pelatihan kerja sekaligus melakukan pendaftaran secara on-line.

Menaker: Empat Kebijakan untuk Perkuat Akses dan Mutu Pelatihan Kerja Indonesia

14 Desember 2016 0

Jakarta – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah tenaga kerja Indonesia pada Agustus 2016 mencapai 125,44 juta orang dari 189,10 juta penduduk Indonesia di usia kerja. Angka [...]

Menaker Tinjau Langsung Pelatihan di BLK Lampung

11 November 2016 0

Dalam rangka menunaikan visi besarnya untuk meningkatkan skill tenaga kerja Indonesia,  Menteri Ketenagkerjaan RI, M. Hanif Dhakiri meninjau langsung proses pelatihan vokasional di Balai Latihan [...]