Kamis, 29 Desember 2016 11:16 WIB 0 Komentar 45 Dilihat
Atas Nama Pemerintah Indonesia, Presiden Jokowi Berikan Bantuan Sembako ke Rohingya

Atas Nama Pemerintah Indonesia, Presiden Jokowi Berikan Bantuan Sembako ke Rohingya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Rakhine State, Myanmar, khususnya komunitas Muslim, Rohingya, Kamis (29/12) pagi. Bantuan yang dikirimkan melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta itu, terdiri atas 10 kontainer yang berisikan mie instant, makanan bayi berupa gandum dan sereal, serta sarung.

“Barang-barang ini merupakan barang memang yang diminta dari sana setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) berkomunikasi beberapa kali dengan Pemerintah Myanmar,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutannya.

Presiden menegaskan, bahwa diplomasi Indonesia telah melakukan tugasnya, kepedulian Indonesia sudah ditunjukkan tanpa kegaduhan, dan kepedulian itu telah dilakukan tanpa menggunakan megaphone diplomasi.

Pada 6 Desember 2016 lalu, Presiden Jokowi mengemukakan, dirinya telah mengutus Menlu Retno Marsudi untuk bertemu dengan  Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi  untuk menyampaikan empat (4) pesan mengenai pentingnya segera dibuka akses kemanusiaan ke Rakhine State, segera diciptakan stabilitas dan perdamaian di Rakhine State, dan menegaskan perlunya perlindungan dan penghormatan hak azasi manusia, terutamanya buat komunitas Muslim

“Pesan yang sama saya ulangi pada saat bertemu dengan Kofi Annan di Bali, 9 Desember 2016 dan Menteri Luar Negeri Indonesia juga menegaskan kembali hal tersebut pada pertemuan retreat para Menlu Asean di Yangoon, 19 Desember 2016,” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi berharap bantuan dari Indonesia ini diterima dengan baik sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan harapan dirinya agar perdamaian, stabilitas, dan harmoni segera tercipta di Rakhine State.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) Elvyn G. Masyasya, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. M. Iriawan. 

 

 

Lihat Berita Yang Lain

Presiden Tekankan KIP Merupakan Bagian Dari Investasi SDM

09 Februari 2017 0

Keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan prasyarat bagi seluruh negara di dunia untuk menjadi pemenang di era persaingan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menginvestasikan SDM yang [...]

Pasar Rakyat Tidak Boleh Kalah Dengan Mall

30 Januari 2017 0

Menurut Presiden, saat pasar tradisional masih identik dengan kesan kumuh dan kotor. Hal ini berbeda jauh dengan supermarket yang terkenal lebih bersih, rapi, dan ditunjang dengan berbagai [...]

Revisi Perpres No. 75/2014: Infrastruktur Pendidikan, Kawasan, dan Kesehatan Masuk Prioritas

11 Januari 2017 0

Dengan pertimbangan dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur prioritas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah memandang perlu dilakukan penambahan jenis infrastrukur [...]