Selasa, 06 Maret 2018 17:27 WIB 0 Komentar 1502 Dilihat
Arahan Menaker Saat Berikan Pembekalan Kepada CPNS Kemnaker

Arahan Menaker Saat Berikan Pembekalan Kepada CPNS Kemnaker

Jakarta – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyampaikan beberapa pesan khusus kepada 152 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan  hasil seleksi tahun 2017.
 “Saat ini sistem di pemerintahan semakin transparan. Oleh karena itu, semua PNS menjunjung tinggi, menjaga integritas dan harus memiliki daya saing yang tinggi,” kata Menteri Hanif saat memberikan pembekalan CPNS  di Kantor Kemnaker Jakarta pada Selasa (6/3).
Di sisi lain, lanjut Hanif, CPNS juga harus menjadi pribadi yang tampil diatas standar.”Caranya gampang, kita harus berusaha di atas standar. Misalnya yang lain bangun jam 5 pagi, kita harus bangun lebih dulu dari mereka dan melakukan aktivitas yang akan meningkatkan daya saing kita,” ujarnya.
Pesan kedua yang disampaikan Menaker adalah supaya CPNS mengedepankan profesionalisme, memliki prinsip sebagai pelayan masyarakat, bukan dilayani.
“Orientasi pemerintah saat ini sudah bergeser, dari yang dilayani menjadi melayani. Posisi kita sebagai pelayan rakyat harus lebih nampak. Mencari solusi dan menyelesaikan masalah itu harus lebih nampak,” tutur Menaker.
Dituturkan Menaker, salah satu cara untuk memberikan pelayanan yang maksimal adalah dengan membangun kerja sama yang baik. Oleh karena itu, Menaker Hanif berpesan supaya CPNS dapat membangun kerja sama, sinergi dan kolaborasi.
“Kita bekerja dalam sebuah tim, ada tim besar dan tim kecil. Akan tetapi ini adalah satu kesatuan. Komitmen yang bagus diperlukan supaya jalannya suatu instansi bisa secara cepat,” jelasnya.
Selain itu, Hanif juga berpesan supaya CPNS bekerja dengan inovasi dan terobosan. “Anak muda kecenderungannya tidak terkotak pada pola pikir tertentu. Mereka lebih imaginatif dan inspiratif,” kata Menaker.
Pada dasarnya, lanjut Menaker, bekerja secara inovatif tidaklah sulit. ”Keluar dari rutinitas dan zona nyaman. Bekerja dengan cara yang lain akan menemukan sesuatu yang baru,” tuturnya.
Dijelaskan Hanif, berinovasi sangat menentukan eksistensi. Apalagi saat ini sudah memasuki era persaingan yang ketat. “Kalau kita tidak berinovasi kita akan wassalam. Sekarang jamannya bersaing. Gunakan instrumen yang bisa mendukung pekerjaan, misalnya teknologi,” kata Hanif.
Pesan terakhir yang disampaikan Menaker kepada CPNS adalah supaya mereka bekerja dengan hati, penuh motivasi dan semangat belajar terus menerus. “Jangan bekerja karena tugas, tapi hati Anda berjarak dengan pekerjaan itu. Lakukanlah pekerjaan Anda dengan passion dan semangat yang tinggi,” pungkas Hanif.

 
Biro Humas Kemnaker