Minggu, 22 April 2018 11:23 WIB 0 Komentar 2278 Dilihat
Aksi Sepeda Santai Mayday Meriahkan CFD Bekasi

Aksi Sepeda Santai Mayday Meriahkan CFD Bekasi

Bekasi -- Sebagai rangkaian peringatan Hari Buruh (May Day), Kementerian Ketenagakerjaan menyelenggarakan sepeda santai bersama pekerja/buruh di Kota Bekasi. Kegiatan ini diikuti langsung oleh Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri.
"Peringatan May Day sudah  mulai dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Tidak harus besar, tapi ini untuk menginspirasi masyarakat pekerja untuk merayakan May Day dengan riang gembira," kata Menaker Hanif saat memberi sambutan di GOR Patriot Bekasi, Jawa Barat pada Minggu (22/4).
Sepeda santai bersama pekerja/buruh diikuti 300 peserta dengan rute dari Galaxy Tirtamas Club menuju GOR Patriot Bekasi. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan oleh live musik dan pembagian hadiah (doorprize).
Dikatakan Hanif, perdebatan mengenai bentuk-bentuk perayaan May Day tidak begitu penting. Yang penting May Day merupakan hasil perjuangan yang harus dirayakan secara positif  oleh pemerintah, pekerja dan pengusaha sehingga kerjasama kedepannya lebih efektif. 
"Kerjasama pemerintah, pekerja dan pengusaha harus ditingkatkan untuk menjawab antangan kedepan sangat besar. Revolusi industri bergerak sangat cepat, oleh karenanya kita harus ikut berubah," ucap Hanif.
"Apalagi  65% pekerjaan masa depan adalah pekerjaan yang tidak dikenal sekarang. Kalau tidak diantisipasi kita bisa kalah dalam persaingan global yang makin ketat" lanjutnya.
Oleh karena itu, Menaker terus  mendorong supaya pekerja terus meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerjanya. Salah satu caranya adalah mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK).
"Sebagai contoh adalah BBLK Bekasi yang menyediakan kelas malam dan kelas di hari Sabtu-Minggu. Ini bertujuan untuk menyesuaikan jadwal pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan," paparnya.
Selain itu, lanjut Hanif, gerakan buruh dan dialog industrial harus memiliki pendekatan berbeda. "Kita harus bersama-sama mencari solusi untuk menghadapi perkembangan teknologi," jelasnya.
Sebagai informasi, Kemnaker sudah melakukan beberapa kegiatan dalam rangkaian May Day, diantaranya adalah Liga Pekerja Indonesia, Gerakan Buruh Mengaji, Lomba Memasak Bagi Buruh, dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Buruh.



 
Biro Humas Kemnaker

Lihat Berita Yang Lain

Menaker Hanif : May Day, Momentum Kebersamaan Pekerja, Pengusaha dan Pemerintah

01 Mei 2018 0

Puncak acara May Day dirayakan dengan laga final Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) di GOR Soemantri Brodjonegoro pada Selasa (1/5/2018) yang mempertandingkan kesebelasan PT Thiess Sangata, Kaltim [...]

Kemnaker dan Kantor Staf Presiden Terima Perwakilan Buruh di Istana

01 Mei 2018 0

epala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri dengan didampingi oleh Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Eko Sulistyo, menerima para buruh yang mewakili [...]

Menaker Meriahkan Gerak Jalan May Day di Tangerang

29 April 2018 0

Menyambut peringatan May Day, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengikuti lomba gerak jalan santai pekerja/buruh di Tugu Adipura, Moh. Yamin, kotamadya Tangerang, Banten, Minggu (29/04/2018).