Selasa, 17 Oktober 2017 13:45 WIB 0 Komentar 373 Dilihat
31 Kompetitor Indonesia Berlomba di Kejuaraan World Skills Abu Dhabi 2017

31 Kompetitor Indonesia Berlomba di Kejuaraan World Skills Abu Dhabi 2017

Abu Dhabi — Kejuaraan Keterampilan Kejuruan Dunia (WorldSkills) Abu Dhabi 2017, telah resmi dibuka di ibukota UEA. Acara yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 19 Oktober 2017 ini diawali dengan upacara pembukaan spektakuler di Du Arena, Pulau Yas, Abu Dhabi.

Selama World Skills Abu Dhabi 2017 terdapat 1.300 pesaing dari seluruh dunia yang akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam Keterampilan yang mereka kuasai. 

“World Skills adalah salah satu platform kejuaraan keterampilan terbesar di dunia, yang memberi kesempatan mengadu keterampilan putra-putri terbaik bangsa dengan yang terbaik di dunia," kata Direktur Jenderal Pembinaan Pelatatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Satrio Bambang Lelono (15/10). 

Akan ada kompetisi dalam 51 Keahlian berbeda yang akan dipertandingkan, mulai dari Budidaya Bunga, penyusunan batu bata bata,perawatan pesawat terbang hingga robotika.

“Indonesia mengikuti 29 cabang kompetisi dengan 31 kompetitor (peserta). Saya harap putra-putri perwakilan Indonesia bisa kerahkan kemampuannya secara maksimal,” kata Dirjen Satrio.

Hampir 60 negara anggota WorldSkills dan Kawasan telah mengirimkan timnya untuk bersaing. Acara ini diadakan di bawah naungan Yang Mulia Sheikh Mohamed bin Zayed, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata UEA.

Dalam lawatannya ke Abu Dhabi, Dirjen Satrio mengajak beberapa Kepala Balai Latihan Kerja, mengingat pentingnya peran BLK dalam pelatihan Vokasional.

“Saya harapkan nantinya dapat memunculkan calon-calon kompetitor yang berasal dari BLK,” ungkap Dirjen Satrio.

Saat ini, salah satu instruktur BLK Bekasi, Farid Rinanto, mewakili Indonesia dalam kejuaraan sebagai expert yang mendampingi kompetitor elektro.

Sementara itu, wakil Indonesia dalam Kejuruan Welding, Rizal Hafizhi, berjanji akan berikan yang terbaik demi nama bangsa “Saya berharap yang terbaik, semoga saya bisa mengibarkan sang Merah Putih disini”.

Kompetisi di World Skills Abu Dhabi 2017 dibuka untuk umum di Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi pukul 10:00 pada hari Minggu tanggal 15 Oktober. Dihadiri sekitar 100.000 orang, termasuk 80.000 anak sekolah, dan 10.000 pengunjung internasional.

Lihat Berita Yang Lain

Pemda Harus Mampu Menyeimbangkan Supply and Demand Tenaga Kerja

02 Juni 2017 0

Menarik investor masuk ke daerah adalah salah satu strategi yang harus dikembangkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hanya saja, Pemda juga harus menyeimbangkan sisi [...]

Di Era Persaingan, SDM Indonesia Harus Memiliki Karakter Kuat

18 Mei 2017 0

Keterampilan bukan lah satu-satunya bekal bagi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia agar mampu bersaing dengan bangsa lain di era kompetisi saat lain. Di samping keterampilan, SDM Indonesia juga harus [...]

Menaker Tekankan SDM Indonesia Harus Memiliki Karakter Kuat

14 Mei 2017 0

Kompetensi adalah kunci dalam tolok ukur daya saing masyarakat di dunia kerja. Namun begitu, ada hal lain yang harus dimiliki seseorang untuk menjadi manusia kompeten, yakni karakter yang kuat